Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Pustaka
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
Pelaksanaan Uji Petik KMP UPP2 (Upload : Desember 2007)

Tujuan P2KP dicapai melalui suatu mekanisme yang disebut siklus proyek. Di setiap tahapan siklus, satu rangkaian kegiatan harus dilakukan hingga tuntas untuk bisa masuk tahapan siklus berikutnya. Jika ada tahapan yang dilewati, makna muatan pesan/substansi yang menjadi inti proses pemberdayaan di P2KP akan sirna. Untuk menjaga agar substansi siklus tersebut tidak hilang maka di setiap tahapan siklus, perlu dilakukan pendalaman informasi pelaksanaan siklusnya sekaligus untuk mengukur kesiapan memasuki siklus berikutnya. Kegiatan pendalaman informasi ini dilakukan melalui uji petik dengan metode penelitian kualitatif baik di sisi pengguna maupun pemanfaat.

Pelaksanaan Uji petik terutama dilakukan dalam rangka menjamin apakah pelaksanaan di lapangan telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan apakah ada kesesuaian antara data SIM maupun QS yang telah di entry dengan kondisi eksisting di lapangan.

Prinsip Uji Petik

Uji Petik sebagai aktifitas dalam melakukan cross check terhadap proses fasilitasi pendampingan P2KP fase 2 di masyarakat maupun di tingkat pemda, yang sudah selesai dilaksanakan, untuk mendapatkan informasi pembanding data yang ada dengan realitas di lapangan. Beberapa prinsip uji petik secara umum:

Tepat Waktu : uji petik harus dilaksanakan tepat waktu agar hasilnya bisa dimanfaatkan secara optimal memberi masukan bagi peningkatan atau perbaikan kualitas kegiatan terutama untuk lokasi-lokasi yang belum menyelesaikan kegiatan pada satu tahapan tertentu

Efektif dan Efisien : uji petik harus dapat dilakukan secara efektif dan efisien, baik dari sisi metode yang digunakan dan juga instrumennya, dapat menjangkau lokasi-lokasi kunci yang bisa memberikan gambaran secara umum capaian pelaksanaan program di wilayah tertentu serta menghimpun informasi yang dibutuhkan secara akurat dan tajam.

Dapat dipertanggungjawabkan, Bahwa pelaksanaan uji petik harus dapat dipertanggungjawabkan secara obyektif dan jujur. Harus jelas metodenya dan lokasi serta sasaran uji petiknya.

Hasil-hasil Uji Petik :

No
Kategori Wilayah
Jenis Uji Petik
Status
1. Lama PNPM Review PJM Selesai
    Review Kelembagaan Selesai
    Review Keuangan Selesai
2. Lama Non PNPM Review PJM Selesai
    Review Kelembagaan Selesai
    Review Keuangan Selesai
3. Baru PNPM Sos Wal & RKM Selesai
    Refleksi Kemiskinan Selesai
    Pemetaan Swadaya Selesai
    Pembentukan BKM Proses 
    Penyusunan PJM Belum dilakukan
    Pemanfaatan BLM 1 Belum dilakukan

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai rekomendasi hasil uji petik KMP dapat didownload pada menu di bawah ini.

 Download
 
  Rekomendasi Hasil Uji Petik KMP
(Periode 26 September - 6 Oktober 2007)

(Pdf file, 87 Kb)
  Rekomendasi Hasil Uji Petik KMP
(Periode 28 November - 8 Desember 2007)

(Pdf file, 87 Kb)
 

 

Kembali ke atas
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 10058, akses halaman: 12502,
pengunjung online: 308, waktu akses: 0,016 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank