Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Pustaka
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
Kumpulan Modul Pelatihan PNPM Mandiri Perkotaan Tahun 2008

PNPM Mandiri Perkotaan mengembangkan proses pembelajaran melalui tahapan siklus baik di tingkat kota maupun masyarakat kelurahan/Desa. Guna memastikan agar komitmen pembelajaran ini tercapai secara terencana, PNPM Mandiri Perkotaan memberikan peningkatan kapasitas bagi berbagai jajaran pelaku di konsultan dan kelompok sasaran. Salah satu metode peningkatan kapasitas yang dikembangkan adalah pelatihan bagi berbagai jajaran pelaku.

Pelatihan dalam PNPM Mandiri Perkotaan bertujuan agar para pelaku mempunyai pengetahuan yang berhubungan dengan program baik secara konsep maupun teknis, mempunyai sikap yang mendukung terhadap program dan mampu menjalankan pendampingan dalam proses pembelajaran. Jenis pelatihan yang dikembangkan oleh PNPM Mandiri Perkotaan dikembangkan berdasarkan kepada siklus pendampingan yang dilakukan pada tingkat kota dan kelurahan/Desa. Khusus untuk tingkat kelurahan/Desa, jenis pelatihan dikategorikan kepada 3 tingkatan disesuaikan dengan tahapan intervensi dari masyarakat tidak berdaya, berdaya dan mandiri.

Berdasarkan strategi pelatihan PNPM Mandiri Perkotaan, kategori pelatihan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu :

  • Pelatihan Dasar
    Pelatihan dasar ini diperuntukkan bagi para pelaku baik ditingkat fasilitator maupun ditingkat masyarakat yang baru memasuki tahapan pendampingan PNPM Mandiri Perkotaan. Materi lebih banyak difokuskan pada re-orientasi pola pikir dan sikap para pelaku pembangunan, pengenalan dan pemahaman dasar PNPM Mandiri Perkotaan dan Kemiskinan, kemampuan dasar untuk menjalankan perannya, serta kemampuan memfasilitasi pelaksanaan tahapan siklus.

  • Pelatihan Madya
    Pelatihan ini diperuntukkan bagi para pelaku baik ditingkat fasilitator maupun masyarakat yang sudah memasuki tahapan siklus ke-2 (rencana tahunan ke-2 dari PJM Pronangkis). Materi difokuskan pada penyadaran dan pemahaman terhadap tahapan siklus tahun ke-2, kemampuan memfasilitasi tahapan siklus tahun ke-2, pemahaman dan kemampuan untuk melakukan kemitraan dan channeling dengan pihak lain.

  • Pelatihan Utama
    Pelatihan ini diperuntukkan bagi para pelaku baik ditingkat Fasilitator maupun ditingkat masyarakat yang sudah memasuki tahapan siklus tahun ke-3 (rencana tahunan ke-3 dari PJM Pronangkis). Materi difokuskan pada kebutuhan khusus untuk lokasi yang sudah advance, sehingga materi lebih banyak dikembangkan berdasarkan kebutuhan dari lapangan.

Selain kegiatan pelatihan yang ditujukan bagi peningkatan kapasitas berbagai jajaran pelaku di konsultan dan kelompok sasaran, diadakan pula Pelatihan Dasar bagi Pemerintah Daerah. Pelatihan ini diselenggarakan pada awal PNPM Mandiri Perkotaan bekerja di wilayah kota/kabupaten sasaran. Titik berat pelatihan ini menekankan pada penyadaran kritis (Awareness Training) mengenai kemiskinan dan konsep PNPM Mandiri Perkotaan sebagai upaya pemecahan persoalan, serta pada peran Pemda sebagai pelopor perubahan (change agent) di jajaran pemerintah kota/kab.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Kelompok Modul Kegiatan Pelatihan Tahun 2008, dapat dilihat melalui menu di bawah ini dan didownload di setiap halamannya.

Download informasi selengkapnya

No
Kelompok Modul
Lihat Halaman
1. Buku Kurikulum Pelatihan

Klik disini

2. Modul Pelatihan Lokasi Dasar

Klik disini

3. Modul Pelatihan Lokasi Madya

Klik disini

4. Modul Pelatihan Lokasi Utama

Klik disini

5. Modul Pelatihan Dasar Pemerintah Daerah

Klik disini

6. Modul Pelatihan Koordinator Kota

Klik disini

Kembali ke atas
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 236, akses halaman: 891,
pengunjung online: 112, waktu akses: 0,026 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank