Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Pustaka
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
KERANGKA ACUAN PELATIHAN PRA -TUGAS TENAGA AHLI PENDAMPING PERENCANAAN PROGRAM PLBK

PLPBK ini pada dasarnya adalah kelanjutan dari tahapan tranformasi masyarakat mandiri menuju madani dilakukan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengembangan kualitas lingkungan permukiman yang berkelanjutan (sustainable development) secara holistik dan terpadu pada tingkat lingkungan permukiman melalui pengembangan kegiatan usaha ekonomi masyarakat, pemberdayaan sumber daya manusia, serta penataan prasarana lingkungan dan kualitas hunian. Ketiga tatanan tersebut merupakan kesatuan yang saling terkait dengan erat dan dikenal sebagai pendekatan tridaya.

Pada akhir tahun 2009, lokasi PLPBK memasuki Tahap II, sehingga jumlah lokasi di tambah menjadi 255 Desa/kelurahan di 74 Kota/Kabupaten. Dengan bertambahnya lokasi tersebut secara langsung membutuhkan kerja yang optimal untuk menjaga agar program ini terlaksana dengan baik. Untuk mengoptimalkan siklus perencanaan di lokasi Tahap II, pada bulan Maret -April Tahun 2020 telah di lakukan Lokalatih I perencanaan untuk Senior Fasilitator dan Askot Urban Planer yang akan mendam pingi di 255 desa/ke lurahan tersebut.

Saat ini, dalam rangka melaksanaan siklus perencanaan PLPBK, hampir di sebagian besar BKM telah di rekrut tenaga ahli pendamping perenc anaan (TAPP). Tenaga Ahli pendamping perencanaan partisipatif adalah tenaga ahli yang memiliki kompetensi di bidang "perencanaan partisipatif hasil perencanaan/pembangunan kawasan" yang direkrut dan ditugaskan untuk mendampingi dan memperkuat kapasitas masyarakat (BKM,Lurah / Kepala Desa, Tim Perencanaan partisipatif) dalam melaksanakan setiap tahapan PLP BK, yang fokus pada kegiatan perencanaan partisipatif.


Lampiran file:
download...Ukuran file: 4007 kb, jenis: PDF file
Kembali ke atas
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 3012, akses halaman: 5190,
pengunjung online: 261, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank