Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Pustaka
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
Modul Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga

Dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) yang digunakan untuk pinjaman bergulir secara khusus digunakan untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Pinjaman bergulir ini dikelola oleh Unit Pengelola Ekonomi yang merupakan salah satu Unit dari BKM. 

Pemberian  pinjaman dana bergulir ini diberikan pada Keluarga yang tergolong miskin yang berhimpun dalam KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang dilakukan sesuai dengan prinsip edukasi. KSM  berperan sebagai wadah bersama  keluarga, forum dialog, wadah fasilitasi penyaluran dana dan juga pengembalian dana pinjaman.

Keberhasilan KSM  mengelola dana pinjaman sangat tegantung pada seberapa jauh keluarga mampu mengelola dana tersebut dengan efektif  dalam usaha produktif yang dijalankan. Karena itu , pengelolaan usaha yang efektif , kondisi keluarga yang baik,  akan sangat menentukan juga pengembalian pinjaman dana bergulir  dan beban jasa yang ditentukan.

Berkaitan dengan itu , diperlukan Pengelolaan  Ekonomi Rumah Tangga ( PERT) menjadi salah satu fokus pelatihan dan pendampingan dalam P2KP.  Melalui PERT maka akan dapat  diterapkan nilai pembelajaran yang lebih optimal pemanfaatan pinjaman dana bergulir dan pada tahap berikutnya kemungkinan keluarga dapat mengakses sumber dana untuk pengembangan usaha yang lain.

PMU telah mengeluarkan Modul Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan  Ekonomi Rumah Tangga (PERT) dipersiapkan untuk menjadi bahan dan pedoman bagi Fasilitator dalam pendampingan ekonomi rumah tangga para keluarga yang telah memanfaatkan layanan dana bergulir dari UPK. Diharapkan modul ini akan memperkaya Fasilitator dan pendampingan di lapangan, baik melalui KSM maupun langsung kepada keluarga.

Anda bisa mendownload Modul Pelatihan dan Pendampingan PERT tersebut pada file terlampir.

 


Lampiran file:
download...Ukuran file: 248 kb, jenis: PDF file
Kembali ke atas
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 8006, akses halaman: 12074,
pengunjung online: 175, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank