Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Pustaka
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
Modul Modal Sosial

Kemampuan masyarakat untuk bekerjasama demi mencapai tujuan bersama di dalam berbagai komunitas disebut modal sosial. Kemampuan bekerjasama muncul dari kepercayaan umum di dalam sebuah masyarakat atau di bagian paling kecil dalam masyarakat. Modal sosial bisa dilembagakan (menjadi kebiasaan) dalam kelompok yang paling kecil ataupun kelompok masyarakat yang besar seperti negara.

Kerjasama yang dilandasi kepercayaan akan terjadi apabila dilandasi oleh kejujuran, keadilan, keterbukaan, saling peduli, saling menghargai, saling menolong di antara anggota  kelompok (warga masyarakat).  Pihak luar komunitas (kelompok) akan memberikan dukungan, bantuan dan kerjasama kepada kelompok apabila kelompok tersebut bisa dipercaya, artinya kepercayaan merupakan modal yang sangat penting untuk membangun jaringan kemitraan (kerjasama) dengan pihak luar.

Modul ini disusun sebagai suatu upaya  atau kiat  untuk membangun kesadaran kritis BKM, dalam menumbuhkan modal sosial di dalam BKM dan masyarakat serta diharapkan dapat menjadi pegangan bagi para pelaku P2KP.

Adapun  modul tersebut dapat dilihat pada file terlampir berikut,

Modul Modal SosialSusunan Modul :
-  cover   
Pengantar   
Tips   
SAP Modal Sosial  
PP1 : Hubungan Sosial dan Kerjasama  
PP2 : Kepercayaan dan Modal Sosial  
-  PP3 : Membangun Modal Sosial di BKM  
Lembar Kasus   
Bahan Bacaan 

Kembali ke atas
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 1095, akses halaman: 1267,
pengunjung online: 183, waktu akses: 0,032 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank