Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Pustaka
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
Pedoman Teknis

Buku Pedoman Teknis P2KP pada dasarnya merupakan penjabaran dari Buku Pedoman Umum P2KP, khususnya dalam hal menguraikan bagaimana langkah demi langkah kegiatan P2KP dilaksanakan serta hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung kelancaran kegiatan P2KP di lapangan.

Dalam Buku Pedoman Teknis P2KP diuraikan secara lebih detail peran-peran stakeholders P2KP, yakni pemerintah, konsultan dan masyarakat, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Sebagai tambahan, dalam buku pedoman teknis P2KP, peranan sosialisasi juga diperluas dan diperkuat mencakup secara luas kegiatan bidang periklanan dan kehumasan di berbagai media sosialisasi. Lebih lanjut, kegiatan pelatihan dan pengembangan kapasitas juga diberi porsi yang besar dalam P2KP.

Penyempurnaan Buku Pedoman Teknis P2KP tersebut juga mencakup substansi dan format-format isian yang lebih menitikberatkan pada aspek "dinamika proses dalam rangka menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat" dari setiap langkah kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar semua stakeholders P2KP dapat memahami substansi proses pemberdayaan dan penyadaran masyarakat dalam melaksanakan suatu langkah kegiatan di P2KP, dan tidak terjebak pada tindakan yang semata-mata berorientasi pada prosedur formal atau yang penting kegiatan terlaksana.

Melalui berbagai penyempurnaan dalam Buku Pedoman Teknis P2KP, diharapkan agar semua stakeholders P2KP memiliki komitmen, landasan berpikir, bertindak serta orientasi pelaksanaan operasional yang sama.

Berikut file Buku Pedoman Teknis yang bisa dibaca/didownload :
(klik file-file di bawah ini)

- Pendahuluan (size 16kb)
- Pedoman Teknis Bab I dan II (size 175kb)
- Pedoman Teknis Bab III (size 430kb)
- Pedoman Teknis Bab IV (size 121kb)
- Pedoman Teknis Bab V (size 38kb)
- Pedoman Teknis Bab VI (size 552kb)

Kembali ke atas
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 2986, akses halaman: 3182,
pengunjung online: 564, waktu akses: 0,033 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank