Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Arsip Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaArsip WartaArsip ArtikelMaster Budget Permudah BKM Kelola Alokasi BLM
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Labuhan Batu, 22 Januari 2007
Master Budget Permudah BKM Kelola Alokasi BLM

Setelah PJM Pronangkis dirampungkan oleh panitia penyusunan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) adalah membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Tahapan persiapan pembentukan KSM dimulai dengan sosialisasi ke masyarakat, yaitu mengumumkan daftar prioritas kebutuhan yang tertuang dalam PJM Pronangkis. Disusul dengan proses Focus Group Discussion (FGD) tentang dinamika kelompok, sehingga terlahir kesepakatan-kesepakatan berdasar kesamaan kebutuhan serta pembentukan pengurusnya (ketua dan bendahara).

Setelah KSM terbentuk, langkah selanjutnya adalah memverifikasi kelayakan KSM oleh BKM, faskel, unit-unit pelaksana, serta kader-kader masyarakat. Verifikasi dilakukan dengan tujuan meninjau kelayakan KSM yang ada, seperti proses pembentukan, tujuan, kegiatan, pengaruh pihak luar, kesesuaian dengan pemetaan swadaya dan PJM serta rencana tahunan pronangkis. Selain itu juga pertemuan rutin KSM, mekanisme pengambilan keputusan, keanggotaan, pengurus, keswadayaan, aturan-aturan KSM, administrasi KSM, transparansi dan akuntabilitas, serta sifat organisasi KSM.

Dengan adanya verifikasi maka akan diperoleh KSM yang benar-benar layak. Pertanyaannya, setelah KSM terbentuk, apa BKM hanya menunggu dan melihat kinerja mereka? Atau cukup hanya membagi-bagikan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) kepada KSM agar BLM I, II dan III dapat secepatnya masuk ke rekening BKM? Seharusnya, setelah KSM terbentuk dan diverifikasi kelayakannya, tindakan BKM selanjutnya adalah membuat Master Budget.

Master Budget merupakan rencana belanja yang berisikan daftar kebutuhan atas dana BLM yang akan dialokasikan oleh BKM. Master Budget sangat penting untuk dipahami dan dilaksanakan, karena nantinya Master Budget akan menjadi alat bantu BKM dalam mengalokasikan BLM secara lebih efisien dan efektif. Kenyataan yang dihadapi sekarang adalah faskel dan BKM sering dihadapkan dengan masalah “kejar waktu” dalam mengalokasian BLM yang sudah masuk ke rekening masing-masing BKM. Lalu bagaimana menyiasati agar nantinya Faskel dan BKM mudah dalam membuat perencanaan pengalokasian BLM tahap I, II dan III? Jawabannya mudah. Silahkan masing-masing faskel bersama BKM membuat Master Budget dengan melibatkan KSM-KSM yang sudah ada.

Master Budget yang sangat sederhana bisa dibentuk dengan bentuk sebagai berikut, kolom ‘Alokasi Biaya’ diisi dengan rincian, seperti dana biaya operasional (BOP) BKM, serta pengalokasian dana BLM untuk lingkungan, sosial dan ekonomi (tridaya). Kolom ‘Jumlah’ menyatakan jumlah total alokasi dana untuk BOP, lingkungan, sosial dan ekonomi. Sedangkan kolom ‘Rincian’ berisikan rincian-rincian dan alokasi untuk BOP, lingkungan, sosial, dan ekonomi. Adapun kolom ‘BLM tahap I, II, dan III’  berisikan rincian pengalokasian dana BLM (nominal) per bulannya. Jadi, kekuatiran faskel dan BKM dalam mengalokasikan BLM I, II, dan III yang efektif dan efesien dapat teratasi dengan membuat Master Budget. (Laila Sari Tanjung, Tim Faskel-11 Labuhan Batu, KMW V, P2KP-3 Sumut; Nina)

(dibaca 1233)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Artikel | Arsip Artikel | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 6064, akses halaman: 7486,
pengunjung online: 151, waktu akses: 0,047 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank