Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Arsip Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaArsip WartaArsip BeritaKMW I Kalbar Gelar Penyuluhan KDRT
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Landak, 4 Mei 2007
KMW I Kalbar Gelar Penyuluhan KDRT

KMW I P2KP-2 Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Penyuluhan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Trafficking dan Perlindungan Anak dalam rangka PAKET P2KP Tahap I, pada 23 Februari – 1 Maret 2007.

Penyuluhan tersebut disambut hangat oleh masyarakat. Apalagi, topiknya merupakan pengetahuan baru bagi mereka. “Banyak hal yang mereka anggap biasa, ternyata masuk kategori KDRT,” kata Fasilitator Senior (FS) Landak Edi Satriadi di Ngabang, Kamis (12/4/2007).

Edi mengatakan, latar belakang dilakukannya kegiatan ini adalah, karena angka kejadian KDRT dan trafficking (perdagangan perempuan), serta kekerasan terhadap anak, kini semakin meningkat. “Untuk itu, Pakem memandang perlu memberikan pemahaman mengenai topik-topik itu kepada masyarakat. Sekaligus kiat penanganan dan tindakan pencegahannya,” jelasnya.

Dalam penyuluhan, dibahas mengenai UU No. 23 Tahun 2002, tentang Perlindungan Anak, serta UU No. 23 Tahun  2004, tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Dibahas pula mengenai semakin maraknya kasus trafficking wanita Indonesia ke luar negeri, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan lain-lain.

Lebih lanjut, Edi mengungkapkan fenomena menjamurnya kafe-kafe di pinggir jalan di sepanjang jalan raya Kabupaten Landak. Menurut pemuda berkulit gelap yang mengaku pembalap ini, masyarakat menduga keberadaan kafe-kafe tersebut sebagai salah satu sebab/sumber yang dapat memicu terjadinya KDRT. “Apalagi hampir seluruh kafe ini mempekerjakan wanita-wanita muda, bahkan ada yang masih di bawah umur. Bisa jadi, fenomena ini juga sebagai salah satu bentuk trafficking,” tandas Edi yang saat itu didampingi Elizabet, salah seorang Fasilitator penanggungjawab kegiatan.

Apalagi, lanjut Edi, Kabag Binsos Laurensia Titin — yang menjadi narasumber (pembicara) pada penyuluhan — telah meminta pemda menyikapi dan menertibkan kafe-kafe ini, guna perbaikan kualitas masa depan Landak.

Adapun kegiatan Panitia Kemitraan (Pakem) Kasih Bunda dengan koordinator Nelti Sulastri ini merupakan hasil bersama antara BKM dengan Binsos Kabupaten Landak. Penyuluhan yang dilaksanakan di 23 desa selama seminggu ini dibagi ke dalam cluster, sebagai berikut. Cluster-1 adalah Kecamatan Mandor, terdiri dari Desa Mandor, Desa Ngarak, Desa Kayu Tanam, dan Desa Kayu Ara, yang dilaksanakan di Desa Mandor, pada 23 Februari 2007.

Cluster-2 adalah Kecamatan Sengah Temila, terdiri dari Desa Pahuman, Desa Sidas, Desa Keranji, Desa Mancal, dan Desa Tonang, yang dilaksanakan di Desa Pahuman, pada 26 Februari 2007.

Cluster-3 adalah Kecamatan Ngabang, terdiri dari Desa Hilir Kantor, Desa Hilir Tengah, Desa Raja, Desa Tebedak, dan Desa Tubang Raeng, dilaksanakan di Desa Hilir Kantor, pada 27 Februari 2007.

Cluster-4 adalah Kecamatan Mandor, terdiri dari Desa Sebadu, Desa Sekilap, Desa Bebatung, dan Desa Pongok, dilaksanakan di Desa Sebadu, pada 28 Februari 2007. Sedangkan, Cluster-5 adalah Kecamatan Menjalin, terdiri dari Desa Sepahat, Desa Menjalin, Desa Raba, dan Desa Lamoanak, yang dilaksanakan di Desa Raba, pada 1 Maret 2007. (Eddy Beb/Zabeth, Tim KMW I P2KP-2 Kalbar; Nina)

(dibaca 1377)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 4210, akses halaman: 4613,
pengunjung online: 110, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank