Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Arsip Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaArsip WartaArsip CeritaTenun dan Budaya Lokal
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Denpasar, 14 November 2012
Tenun dan Budaya Lokal

Oleh:
Luh Putu Kristianti
Faskel Sosial Tim 7
Kota Denpasar
OSP 7 Provinsi Bali
PNPM Mandiri Perkotaan     

Kelurahan Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur berada di jantung Kota Denpasar. Kelurahan ini tidak memiliki potensi sumberdaya alam. Penduduk di Kelurahan ini sebagian besar berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Wiraswasta. Namun, melalui KSM Melati, di bawah naungan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Lestari, binaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan melakukan terobosan.

KSM Melati mengusulkan kegiatan sosial peningkatan kapasitas dengan Pelatihan Tenun Ikat (endek), yang telah didokumenkan dalam PJM Pronangkis BKM Lestari untuk warga miskin yang ada di data PS 2. Dana BLM yang diusulkan sebesar Rp30 juta dengan swadaya Rp11.210.000. Pelatihan tenun ikat ini dilaksanakan di UD. Putri Ayu selama 14 kali pertemuan dengan pemberian teori dan praktik.

Kegiatan Sosial Tenun Ikat di Desa Dangri

Hadirnya PNPM Mandiri Perkotaan bertujuan memberdayakan masyarakat miskin menjadi produktif, sehingga mampu melepaskan diri dari belenggu kemiskinan. Masyarakat miskin yang terlibat dalam pelatihan ini sangat antusias. Umur “banyak” pun bukan penghalang bagi mereka mengikuti pelatihan menenun. Semangat inilah yang menjadi modal utama terlaksananya kegiatan pelatihan tenun ikat (endek).

Saat penutupan pelatihan ini, warga miskin yang tergabung dalam KSM Melati Kelurahan Dangin Puri ini memamerkan hasil pelatihan mereka.

Pelatihan yang terbilang singkat ini dinilai sangat bermanfaat bagi warga miskin Kelurahan Dangin Puri. Kepala Kelurahan maupun BKM tampk antusias dan mendukung kegiatan pelatihan tenun.

Kepala Kelurahan Dangin Puri Ni Ketut Sri Wahyuni menyatakan akan membantu KSM Melati mempromosikan dan memperkenalkan KSM Melati di tataran Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar. “Besar harapan bahwa tenun ikat KSM Melati akan menjadi ujung tombak pertenunan di Kota Denpasar,” katanya.

Peserta antusias mengikuti pelatihan

Bila keberadaan ini terus ter-support dan terintegrasi dengan maksimal pada tataran SKPD serta stakeholders yang ada, visi misi BKM untuk melakukan perubahan tata kehidupan sosial ekonomi masyarakat dalam sebuah komunitas lingkungan yang sehat, asri dan harmoni akan segera terealisasi. Di sini bukan hanya sekadar keputusan semu yang diharapkan oleh kelompok masyarakat marjinal di basis, melainkan sebuah komitmen kebijakan yang dilegalkan secara yuridis formal dalam kebijakan daerah.

Tanpa adanya kesinergian serta kontinuitas penanganan masalah di tataran mikro ini, berat untuk mencapai keberhasilan yang dipesankan oleh MDG’s serta berat untuk menuju capaian IPM Kota Denpasar khususnya.

Di sinilah kesempatan semua pihak belajar membangun semangat kepedulian dan kebenaran yang lapang serta terbuka dalam koridor keluhuran juga kearifan lokal. [Bali]

Kain tenun hasil Pelatihan Tenun

dipamerkan saat penutupan pelatihan

Editor: Nina Firstavina

(dibaca 835)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Cerita | Arsip Cerita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 498, akses halaman: 574,
pengunjung online: 328, waktu akses: 0,032 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank