Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Arsip Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaArsip WartaArsip BeritaSNVT PBL Jateng Kunjungi KMW XIV
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Klaten, 20 April 2006
SNVT PBL Jateng Kunjungi KMW XIV

Meski Pejabat Pengambil Keputusan (PPK) Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) P2KP PBL Provinsi Jawa Tengah (Jateng) baru berfungsi pada pencairan BLM III, namun mereka telah proaktif berkunjung ke wilayah sasaran P2KP. Seperti kunjungan yang mereka lakukan ke Sekretariat Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) XIV – Jateng, Jalan Sersan Sadikin 40, Mutihan, Gergunung, Klaten, pada Rabu (12-4-2006).

Kedatangan SNVT PBL Jateng yang terdiri dari Imam, Widiatmoko, Sarwanto, dan Gema itu diterima oleh Drs Anton Lami Suhadi MSi (Team Leader KMW XIV), TA, Korkot, dan Askorkot KMW XIV. Rombongan bertujuan belajar dan melihat dari dekat mengenai proses pemberkasan BLM II di tingkat lapangan. Menurut Imam, hasil kunjungan ini akan dijadikan sebagai masukan kepada PK Propinsi, Mustafa Kamal, terutama tentang perubahan isian format agar proses pencairan BLM III menjadi lancar.

Imam melanjutkan, dari 11 kabupaten sasaran P2KP 2/2 , hanya delapan kabupaten tersedia DIPA 2006. Sedangkan tiga kabupaten lainnya—Kabupaten Klaten, Wonogiri, dan Sukoharjo—masih dalam proses perubahan di tingkat Pusat. Rombongan juga melontarkan pertanyaan seputar hasil pemanfaatan BLM I serta persoalan-persoalan yang muncul dalam proses pemberkasan BLM II.

Menanggapi hal tersebut, Anton mengatakan, BLM I telah dimanfaatkan dan di-LPJ-kan, baik oleh Panitia/KSM maupun oleh BKM. Sedangkan dalam proses BLM II sempat terdapat masalah. Yakni, salah satu kepala desa—Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan—belum mau menandatangani BAPPUK dan Resume Proposal Layak. Namun, setelah dilakukan pendekatan oleh berbagai pihak, akhirnya Kepala Desa Karanganyar tersebut bersedia menandatanganinya. 

Selain kunjungan ke Sekretariat KMW XIV, SNVT juga melakukan monitoring lapangan, memenuhi perannya sebagai satuan kerja yang berhak mengeluarkan Surat Perintah Membayar (SPM). Maka, rombongan pun berkunjung ke BKM Barokah, Desa Drono, Kecamatan Ngawen. Kegiatan itu didampingi pula oleh TL, Korkot 1, Korkot 2 ,dan Korkot 3. Rombongan diterima oleh Sutrisno BA (Koordinator BKM) yang didampingi UP dan Sekretaris BKM. Dalam pertemuan ini, rombongan diberi penjelasan mengenai pemanfaatan BLM I. Yakni, untuk betonisasi, pembuatan talud, pelatihan bengkel, MCK, santunan jompo serta bantuan biaya sekolah. Menurut BKM, kegiatan yang paling banyak menyerap dana swadaya adalah sarana dan prasarana sekitar 50% - 100% .

Kemudian, rombongan meninjau hasil kegiatan betonisasi di RW 04, 06, dan 14. Melihat hal itu, SNVT mengaku merasa puas. SNVT berkesimpulan, seandainya pengerjaan proyek lain dipercayakan masyarakat lewat BKM, dipercaya hal itu mampu menggali swadaya cukup besar dari masyarakat.(Korkot 2 Klaten, KMW XIV Jateng; nina)

(dibaca 1082)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 5170, akses halaman: 5580,
pengunjung online: 153, waktu akses: 0,027 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank