Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaBeritaPNPM Perkotaan Segera Gelar TOT Dasar Pemandu Nasional
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Jakarta, 9 November 2009
PNPM Perkotaan Segera Gelar TOT Dasar Pemandu Nasional

Guna menunjang proses peningkatan kapasitas pemda dan masyarakat dalam proses perencanaan partisipatif, khususnya bagi penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 PNPM Mandiri Perkotaan mengembangkan pemandu nasional dari jajaran pemerintah kota/kabupaten. Hingga kini tersedia 268 orang pemandu dari berbagai instansi pemerintah daerah yang sudah mendapatkan Training of Trainers (TOT) dari pihak program dan dinyatakan layak (lulus) sebagai pemandu.

Dari pemandu nasional yang ada, dilakukan penguatan bagi 123 orang pemandu. Yaitu, 64 pemandu untuk wilayah Sumatera, Jawa Barat, Banten, Kalimantan yang dilaksanakan di Batam, pada 13 16 Oktober 2009. Sedangkan 59 pemandu untuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi dilaksanakan di Denpasar, Bali, pada 20 23 Oktober 2009. Penguatan bagi pemandu lainnya akan menyusul pada tahun 2010.

Meski demikian, masih terdapat sejumlah wilayah PNPM Mandiri Perkotaan yang belum mempunyai pemandu nasional aparat pemda, sehingga akan dilaksanakan TOT Dasar Pemandu Nasional Aparat Pemerintah Daerah, yang akan dilaksanakan di Hotel Pramesthi, Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, pada 11 14 November 2009.

Tujuan dari TOT Dasar tersebut adalah pertama, meningkatkan pemahaman aparat pemerintahan daerah mengenai substansi dan praktik penyelenggaraan tatanan pemerintahan yang baik (good governance). Kedua, memperkuat kualitas pemahaman, motivasi dan kemampuan aparat pemerintahan daerah mengenai tujuan dan strategi PNPM Mandiri Perkotaan dalam penanggulangan kemiskinan. Ketiga, membentuk tim inti pelatih dari kalangan aparatur pemerintahan daerah sendiri untuk melatihkan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan kepada aparatur pemerintahan daerah lainnya, mulai tingkat kelurahan/desa, kecamatan hingga kota/kabupaten.

Keluaran yang diharapkan dari TOT Dasar adalah satu, tersedianya aparatur pemerintahan daerah yang memiliki komitmen untuk bersama-sama pelaku PNPM Mandiri Perkotaan lainnya mendorong pengarusutamaan penanggulangan kemiskinan dalam program pembangunan daerah. Dua, tersedianya aparatur pemerintahan daerah yang memiliki komitmen untuk menjadi motor penggerak Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) sebagai ruang pembelajaran bersama pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan. Tiga, terbentuknya tim inti pelatih (selanjutnya disebut pemandu pemda) yang mampu memfasilitasi pelatihan untuk aparatur pemerintahan daerah terkait pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan mulai tingkat kelurahan/desa, kecamatan hingga kota/kabupaten.

Usai mengikuti TOT Dasar ini diharapkan ke depannya seluruh peserta mampu memandu pelatihan, workshop ataupun diskusi yang diselenggarakan oleh PNPM Mandiri Perkotaan, yang ditujukan kepada aparatur pemerintahan daerah mulai tingkat kelurahan/desa, kecamatan hingga kota/kabupaten, serta menjadi menjadi motor penggerak KBP.

Peserta yang akan mengikuti TOT Dasar adalah orang-orang pilihan yang diseleksi di tingkat kota/kabupaten oleh pemda, bekerjasama dengan konsultan. Kriterianya sebagai berikut, satu, aparat pemerintah daerah yang peduli dan terlibat pada pelaksanaan P2KP-1/P2KP-2/P2KP-3/PNPM Mandiri Perkotaan selama minimal setahun, yang belum pernah mengikuti ToT Pemandu Pemda sebelumnya. Dua, mempunyai komitmen dan kepedulian tinggi dalam penanggulangan kemiskinan, khususnya pelaksanaan P2KP maupun PNPM Mandiri Perkotaan.

Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan TOT Dasar ini sebanyak 65 orang yang berasal dari wilayah kota/kabupaten, seperti Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Besar, Pidie, Aceh Tamiang, Gayo Luwes, Dairi, Pesisir Selatan, Kuantan Singingi, Ogan Komering Ilir, Kaur, Kepulauan Seribu, Cianjur, Ciamis, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Bandung Barat, Cilacap, Banjarnegara, Purworejo, Wonosobo, Demak, Temanggung, Kulon Progo, Gunung Kidul, Minahasa, Poso, Selayar, Pinrang, Enrekang, Luwu Utara, Muna, Kolaka, Buton, Bombana, Kolaka Utara, Mamuju, Sambas, Kotawaringin Timur, Kotabaru, Banjar, Hulu Sungai Utara, Lombok Timur, Sumba Barat, Maluku Tengah, Manokwari, Kota Pematang Siantar, Binjai,  Pekanbaru, Dumai, Jambi, Metro, Batam, Surakarta, Singkawang, Samarinda, Banjarbaru, Mataram, Pare-pare, Ternate, Tidore Kepulauan, Sorong, dan Jayapura.

Adapun sebagai narasumber yang akan memperkaya pemahaman dan meningkat motivasi para peserta dalam TOT Dasar, di antaranya, Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Dr. Sujana Royat, Direktur Perkotaan, Ditjen Bangda, Depdagri Ir. Dadang Sumantri Mochtar, Direktur Penanggulangan Kemiskinan, Bappenas Dr. Ir. Endah Murniningtyas, M.Sc, Direktur Bina Program, Ditjen. Cipta Karya, Departemen PU Ir. Danny Sutjiono, Direktur Perlindungan dan Kesejahteraan masyarakat, Bappenas Dr. Pungky Sumady, MCP, Kepala SNVT P2KP Ir. Boby Ali Azhari, M.Sc, Pemandu Nasional Pemda/Kepala Disnakertrans Kota Pekalongan Sri Wahyuni dan BKM Pabaton Kota Bogor. (Tim KMP P2KP Advanced/KMP PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)

(dibaca 2771)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 10721, akses halaman: 15338,
pengunjung online: 471, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank