Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaBeritaRembug Warga Tahunan Desa Cilaja
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Kuningan, 9 Juli 2010
Rembug Warga Tahunan Desa Cilaja

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan yang telah berjalan sejak tahun 2008 menunjukkan kemajuan yang cukup terasa oleh seluruh masyarakat.

Kegiatan tridaya PNPM Mandiri Perkotaan meliputi bidang infrastruktur, sosial dan ekonomi ini berbasis pada pemberdayaan masyarakat, yang berarti perencanaan, pelaksaan dan monitoring/evaluasi dilaksanakan oleh masyarakat sendiri, dengan dimotori para relawan dan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) setempat.

Terkait hal ini, masyarakat Desa Cilaja, melalui LKM Cilaja BUMM melaksanakan Rembug Warga Tahunan (RWT), sebagai upaya pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan LKM periode 2009. Rembug tersebut digelar di Gedung Serba Guna Desa Cilaja, pada 18 Juni 2010, dihadiri oleh seluruh unsur masyarakat Desa Cilaja, Yoyok Taryono dari Konsultan PNPM Mandiri Perkotaan serta Kasatker PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Kuningan Ono Darsono.

Dalam sambutannya, Ono Darsono mengingatkan mengenai pentingnya menjaga keberlanjutan program PNPM Mandiri Perkotaan. “Agar dijaga dan dikelola dengan baik supaya hasilnya semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat,” tegas dia.

Hal senada diungkapkan Yoyok Taryono. Menurut dia, mestinya masyarakat bangga dengan kehadiran program PNPM, karena program ini membawa misi pemberdayaan masyarakat. “Malah kalau ada masyarakat yang mengganggu program ini seharusnya masyarakat sendiri yang marah, karena proses pembelajarannya jadi terganggu,” tandasnya.

RWT yang pertama kalinya dilaksanakan di Desa Cilaja ini, diawali dengan pemaparan hasil tinjauan partisipatif, meliputi rekomendasi keuangan yang menghasilkan poin mengenai pentingnya transparansi keuangan dan intensitas penempelan laporan keuangan keuangan di titik strategis. Kemudian, disampaikan pula mengenai rekomendasi program yang menghasilkan rencana tahunan tahun 2010. Rekomendasi juga menghasilkan poin tentang pentingnya menjaga keharmonisan seluruh komponen masyarakat, dan pentingnya keterbukaan dalam membuat kebijakan.

Dalam RWT ini juga dipaparkan semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh LKM Cilaja BUMM, disampaikan oleh Koordinator LKM Cilaja BUMM Drs. Hidayat. Ia mengatakan, Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Tahap 1 digunakan untuk pembangunan jalan rabat beton, dengan total BLM Rp43,5juta ditambah swadaya Rp20.068.000.

BLM Tahap 2 digunakan untuk pembuatan jalan cor beton dan tembok penahan tanah, dengan total BLM terserap Rp43,5juta ditambah swadaya Rp13.050.000. Selain itu juga ada kegiatan sosial berupa pelatihan komputer dan santunan jompo miskin yang menyerap dana BLM Rp21.750.000 ditambah swadaya Rp9.380.000. Sedangkan untuk kegiatan ekonomi (pinjaman bergulir) BLM terserap sebesar Rp7,25juta dan swadaya Rp3,625juta.

Adapun untuk BLM tahap 3 digunakan untuk kegiatan jalan rabat beton dan tembok penahan tanah. Total BLM yang diserap adalah Rp29juta, ditambah swadaya sebesar Rp13.629.000. (Ahmad Rifai, SF Tim2 Kabupaten Kuningan, OC-4 Jabar, PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)

(dibaca 1932)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 522, akses halaman: 619,
pengunjung online: 161, waktu akses: 0,033 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank