Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaBeritaBurju Gratis Meriahkan Harganas Kota Mataram
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Mataram, 9 Juli 2012
Burju Gratis Meriahkan Harganas Kota Mataram

Oleh:
Faesal Ismail
Korkot Mataram
OC/KMW 7 Nusa Tenggara Barat 
PNPM Mandiri Perkotaan

Menarik pengunjung agar mampir ke stan pameran memang butuh kreativitas tersendiri. Upaya yang dilakukan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se-Kota Mataram dalam Pameran dan Gelar Dagang pada acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-19 Kota Mataram ternyata jitu. Program bubur kacang hijau (Burju) gratis bagi ibu hamil, menyusui dan balita membuat stan BKM Kota Mataram disemuti pengunjung.

Good idea”, “Sangat baik”, “Beda dengan yang lain”, “Kreatif” dan “Luar biasa” merupakan beberapa komentar dari pengunjung yang mengisi buku tamu stan BKM Kota Mataram. Bahkan, Wakil Presiden Republik Indonesia yang turut menghadiri Harganas ke-19 di eks Bandara Udara Selaparang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 28-30 Juni 2012 tersebut sempat mampir ke stan.

Promosi KSM dalam Harganas reklame
bubur kacang hijau (Burju) GRATIS

Stan tersebut diinisiasi oleh Tim PNPM Mandiri Perkotaan Kota Mataram dan Forum BKM Kecamatan se-Kota Mataram.

Menurut panitia stan BKM—yang berasal dari unsur BKM dan Fasilitator PNPM Mandiri Perkotaan, penyediaan bubur kacang hijau gratis ini diniatkan sebagai partisipasi dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil, menyusui dan balita.

Stan BKM Kota Mataram beroperasi sejak upacara pembukaan Promosi Produk dan Gelar Dagang pada Kamis, 28 Juni 2012. Sejak awal hingga akhir pameran, stan BKM Kota Mataram senantiasa diiringi lagu daerah dan pengeras suara yang menyampaikan pesan-pesan kebersamaan, membantu sesama, keberadaan KSM dan produk-produknya. Stan BKM Kota Mataram dengan aksesoris seperti spanduk depan, backdrop, sound system dan eks banner tampak sangat meriah dari kejauhan. Tak heran jika stan ramai didatangi pengunjung, baik dari aparatur Pemerintah Kota Mataram, utusan dari wilayah NTB, provinsi lain, maupun dari masyarakat umum.

Adapun produk dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang turut dipamerkan, antara lain, pertama, hasil kerajinan, seperti lukisan pasir, ukiran cukli, sokasi, tas tali kur, inke, bros jilbab, dan lain-lain.

Kedua, hasil olahan sampah organik, seperti pupuk kompos, jamur, maupun anorganik serta tas dan aksesoris, lukisan, map kertas, dan lain-lain.

Ketiga, hasil home industry, seperti home industry cleaner—sampo motor, deterjen, pengharum pakaian, dan lain-lain, juga jamu sehat.

Keempat, kuliner seperti kerupuk kulit, kerupuk paru, abon sapi, telur asin, mujair krispi, keripik kentang, rengginang, dodol wortel, dan lain-lain.

Hingga pameran berakhir, pada Sabtu, 30 Juni 2012, stan BKM Kota Mataram berhasil menjual produk KSM dengan total nominal senilai Rp3.595.000. [NTB]

Dokumentasi lainnya:


Tas dari bahan sampah anorganik produksi
KSM di BKM Sejahtera
Kelurahan Dasan Cermen, Kota Mataram

Lukisan dari bahan anorganik produksi
KSM Melati BKM Gema Mersi
Kelurahan Monjok, Kota Mataram

Lukisan Pasir hasil  KSM Mentari
BKM Maju Bersama,
Kelurahan Pejeruk, Kota Mataram



Pupuk Organik Hasil Pakem Selaparang 
BKM Penyebar Semangat 
Kelurahan Dasan Agung Baru Kota Mataram


Salah Satu Merk Lukisan Pasir produksi KSM Produk home industry cleaner, produksi KSM Kreatif
BKM Selagalas Bersatu Kelurahan Selagalas Kota Mataram

Editor: Nina K. Wijaya

(dibaca 889)
KOMENTAR ANDA:
good activity and good publicity...where's my TA Sos???? ha..ha..ha...ha..ha..ha...ha..ha..ha...ha..ha..ha...ha..ha..ha...ha..ha..ha...
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 7150, akses halaman: 11683,
pengunjung online: 442, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank