Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaCeritaPintu Masuk PLPBK Melalui Lokakarya
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Lubuklinggau, 16 Oktober 2012
Pintu Masuk PLPBK Melalui Lokakarya

Oleh: 
Ilham BOY Dubhan (TA Sosialisasi)
dan
Yuliansyah (Askot CD)
KMW/OC 2 Provinsi Sumatera Selatan  
PNPM Mandiri Perkotaan

Jika dilaksanakan dengan baik diyakini ke depannya permasalahan penanggulangan kemiskinan di Kota Lubuklinggau betul-betul dapat diatasi dengan Program Penataan Lingkungan dan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan, sejalan dengan apa yang diharapkan.

Untuk itu, Tim Korkot 4 KMW/OC 2 Sumatera Selatan (Sumsel) bekerja sama dengan Pemeritnah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melaksanakan Lokakarya Orientasi PLPBK 2012 di Hotel Sempurna Kota Lubuklinggau, pada Rabu, 26 September 2012.

Kegiatan lokakarya yang dibuka secara resmi oleh Asisten 3 Kota Lubuklinggau Rusli ini diyakini merupakan pintu masuk sosialisasi PLPBK tingkat kota. Salah satu upaya penting untuk meningkatkan kualitas penanggulangan kemiskinan serta pelaksanaan program PNPM Mandiri Perkotaan.

Relawan Nasional Hidayat, Korkot Ahmad Yudi, Asisten 3 Rusli dan TL OC 2 Sumsel

Lokakarya ini juga sebagai salah satu upaya memperkenalkan PLPBK kepada seluruh masyarakat, terutama masyarakat Kelurahan Marga Bakti, Kelurahan Ulak Lebar, Kelurahan Keputraan dan Kelurahan Majapahit, yang mendapat amanah mengelola kegiatan PLPBK.

PLPBK dilaksanakan sebagai salah satu bentuk stimulan dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan pemukiman kumuh dan miskin. Dalam pelaksanaan Program PLPBK ini, Pemkot Lubuklinggau mempunyai komitmen untuk memfasilitasi kemitraan antara program-program dinas dengan hasil perencanaan partisipatif masyarakat.

Dengan dilaksanakannya PLPBK, Pemkot Lubuklinggau berharap masyarakat bisa mandiri, berdaya dan mempunyai lingkungan hunian tertata dengan baik. Masyarakat yang berdaya dan mandiri inilah yang menjadi salah satu syarat menuju tatanan masyarakat madani yang menjadi cita-cita bersama.

PNPM Mandiri Perkotaan merupakan program pemerintah yang dititikberatkan pada usaha penanggulangan kemiskinan di wilayah perkotaan, diwujudkan melalui berbagai program spasial dan sektoral secara komprehensif dan terpadu berbasis masyarakat lokal.

Paparan diskusi panel dan tanya jawab lokakarya

Sampai saat ini PNPM Mandiri Perkotaan akan memasuki persiapan fase akhir kegiatan penanggulangan kemiskinan perkotaan secara berkelanjutan dengan melakukan kegiatan perencanaan PLPBK. Menurut arahan rencana dan program-program penataan dan pembangunan kawasan permukiman yang komprehensif, terpadu dan berkelanjutan dengan mengedepankan prinsip-prinsip perencanaan partisipatif serta pendekatan Tridaya—lingkungan, sosial dan ekonomi. [Sumsel]

Narasumber TA PLPBK Arip Rachman dan TL KMW 2 Sumsel
Rakhmat Hidayat, Satker Kota Herdawan dan
Korkot 4 Lubuklinggau Ahmad Yudi sebagai moderator
Peserta Lokakarya PLPBK Sumsel 2012 
menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Editor: Nina Firstavina

(dibaca 774)
KOMENTAR ANDA:
Cerita lokakarya Pagaralam mana bang boy?senangnya...senangnya...senangnya...senangnya...senangnya...
ditunggu ya!!!
btw foto kak iyan mana neh
apa ya?...apa ya?...apa ya?...
Hikmah Zaharamanis kan?...
Sabar yaaa, sdgn diproses didapur editor
Mohon Do'a nya agar Lokakarya PLP-BK Pagar Alam jg bisa secepatnya terbitsenangnya...senangnya...
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Cerita | Arsip Cerita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 1257, akses halaman: 1435,
pengunjung online: 137, waktu akses: 0,033 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank