Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaBeritaWalikota Ikuti Rembug Warga
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Pematangsiantar, 18 Oktober 2012
Walikota Ikuti Rembug Warga

Oleh: 
Nurmansyah, SE 
Asisten Kota Community Development (CD) 
Koorkot VI Pematangsiantar – Simalungun
OC 1 Prov. Sumatera Utara
PNPM Mandiri Perkotaan

Rembug warga diikuti warga setempat, itu biasa. Diikuti lurah setempat, hm, hebat juga. Nah, kalau rembug warga diikuti oleh seorang walikota, WOW, itu baru luar biasa!

Adalah Walikota Pematangsiantar Hulman Sitorus, yang menyempatkan diri menghadiri rembug warga antara penyelenggara dengan warga penerima manfaat kegiatan pembangunan fisik Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Kedatangan Walikota Pematangsiantar dan rombongan pun disambut hangat peserta rembug, serta panitia penyelenggara, yaitu Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Zenidam I/Bukit Barisan.

Rembug yang dilakukan sebagai persiapan pembangunan RTLH ini digelar di Wisma Tama, Jl. SM. Raja Kota Pematangsiantar, pada, Selasa,16 Oktober 2012. Sekira 300-an peserta rembug, terdiri dari penerima manfaat, Tim Dinas Tarukim Provinsi Sumut, BKM, lurah, camat, Tim Koorkot 6, Danramil, Dandim dan SKPD juga menghadiri acara.

Walikota Pematangsiantar saat tiba di lokasi acara Walikota Pematangsiantar memberikan sambutan

 

Dalam rembug tersebut, Walikota Pematangsiantar Hulman Sitorus tidak sekadar menjadi pendengar. Ia juga bertindak sebagai wakil daru pemerintah setempat yang menampung aspirasi warga penerima manfaat. Bahkan, ia memerintahkan camat mengeluarkan IMB kepada warga yang rumahnya akan dibangun secara gratis. Kemudian Hulman Sitorus juga menyumbangkan 2 truk tanah timbun kepada salah seorang warga yang rumahnya terkena longsor.

Lebih lanjut, Hulman Sitorus menyampaikan terima kasihnya kepada Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Provinsi Sumut yang akan merealisasikan 188 unit RTLH di Kota Pematangsiantar. Ia juga berterima kasih kepada BKM PNPM Mandiri Perkotaan yang telah bekerja keras tanpa pamrih, mulai dari melakukan sosialisasi bantuan pembangunan RTLH hingga pendataan. Data-data tersebut selanjutnya disampaikan Kepada Dinas Tarukim Provinsi Sumut melalui Dinas Tarukim Kota Pematangsiantar.

Beslida Sahmawati Siregar saat menyampaikan
sambutan Kadis Tarukim Pemprovsu
Zuhfrin, Wakil dari Dandim Simalungun
memberikan sambutan

Pada kesempatan itu, Plt Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Rumah Sewa Beslida Sahmawati Saragih membacakan sambutan Kepala Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Provinsi Sumut Khairul Anwar. Yaitu, menyampaikan apresiasi kepada Walikota Pematangsiantar, yang telah bekerja sama dengan baik, sehingga 188 unit RTLH akan terealisasi di Kota Pematangsiantar dalam waktu dekat.

Sesi berikutnya, Wakil Dandim Simalungun Zuhfrin menyampaikan, pihaknya berharap partisipasi aktif warga penerima manfaat, antara lain, dengan turut melibatkan anggota keluarga untuk membantu proses pengerjaan pembangunan “Nanti personel kami yang akan melakukan pekerjaan fisik. Kami akan menempatkan 2 personel TNI ditambah 4 orang tukang dari warga sekitar setiap pembangunan 1 unit rumah,” jelas dia.

M. Hanafiah, salah seorang
penerima manfaat membacakan doa
Tim Tarukim Provinsi, Dandim Simalungun, Konsultan 
pendamping, foto bareng dengan Walikota Pematangsiantar

Acara rembug ini diwarnai dengan momen khidmat ketika M. Hanafiah, salah seorang warga penerima manfaat, membacakan doa dan syukur kepada Allah, SWT, sekaligus rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Kota Pematangsiantar yang sangat mendukung program pro poor ini.

Turut hadir dalam acara adalah Staf Dinas Tarukim Provinsi Sumut Nurbaya Surbakti, Nurdanilla Nasution, Andreas Salmon Tampubolon dan Abriani Siagian yang mendampingi Beslida Sahmawati Saragih. Juga Koorkot 6 Pematangsiantar Burhanuddin Harahap, Askot CD Pematangsiantar Nurmansyah, Koordinator FKA BKM Kota Pematangsiantar Razak dan anggota BKM lainnya.

Horas! Horas! Horas! [Sumut]

Dokumentasi lainnya:

Askot CD Koorkot 6 Pematangsiantar dan
Lurah Tambun Nabolon mendampingi
Tim Verifikasi di lapangan
usai acara Rembug Warga 
Salah Seorang Penerima manfaat yang
bermohon tanah timbun kepada walikota

Walikota Pematangsiantar menghibur penerima
manfaat dengan menyanyikan dua  lagu
kesayangannya

Warga penerima manfaat
bersalaman
dengan walikota saat acara usai. 

Editor: Nina Firstavina

(dibaca 966)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 7826, akses halaman: 12132,
pengunjung online: 188, waktu akses: 0,027 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank