Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaBeritaOSP 8 Sulut Komitmen Jadikan BKM Mandiri pada 2014
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Manado, 19 Desember 2012
OSP 8 Sulut Komitmen Jadikan BKM Mandiri pada 2014

Oleh:
Kalla Manta  
TA Pelatihan
OSP 8 Provinsi Sulawesi Utara  
PNPM Mandiri Perkotaan

PNPM Mandiri Perkotaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berkomitmen mewujudkan target seluruh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se-Sulawesi Utara berstatus mandiri pada 2014.

Guna mencapainya, OSP 8 Sulut menyepakati  strategi dan komitmen bersama yang dicetuskan dalam kegiatan Komunitas Belajar Internal Konsultan (KBIK) Tahap 2 Tingkat Provinsi PNPM Mandiri Perkotaan OSP 8 Provinsi Sulut, di Hotel Sahid Manado, pada hari ini, Rabu, 19 Desember 2012.

KBIK Tingkat Provinsi OSP 8 Sulut dibuka oleh PPK Provinsi Sulut Desmonth Waney (tengah)

KBIK bertema "Penguatan Kelembagaan BKM" ini dibuka oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Provinsi Sulut Desmonth Waney dan diikuti oleh 44 peserta. Para peserta itu adalah jajaran OSP 8 Sulut, mulai dari Team Leader (TL) Kamaruddin Andi Jemang, seluruh Tenaga Ahli (TA), Koordinator Kota (Koorkot) dan Asisten Koorkot (Askot) se-Sulut.

Dalam KBIK ini beberapa isu penting dibahas. Di antaranya mengenai Prosedur Operasional Baku (POB) Kegiatan Sosial yang harus diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan di masyarakat, serta merefleksikan kembali keberadaan status BKM.

Dibahas pula mengenai perlunya pemetaan kembali terkait kategori BKM berdaya, mandiri dan madani yang sesuai indikator penilaian. Untuk itu, disepakati target yang ingin diwujudkan selama beberapa waktu ke depan terhadap kategori penilaian itu.

Di sisi lain, dalam KBIK, pelaku PNPM Mandiri Perkotaan se-Sulut sepakat, perlunya penguatan dan pemahaman kembali mengenai kerelawanan BKM, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan relawan. Kemudian dilakukan pemetaan, sejauh mana keberhasilan BKM dalam membantu PS 2-nya keluar dari kemiskinan. [Sulut]

Dokumentasi lainnya:

KBIK Tingkat Provinsi OSP 8 Sulut diikuti
Koorkot dan Askot se-KMW
oleh 44 peserta, terdiri atas seluruh TA,
OSP 8 Provinsi Sulut

Editor: Nina Firstavina

(dibaca 699)
KOMENTAR ANDA:
Mantaaaaaaap ting..ting!
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 10820, akses halaman: 15968,
pengunjung online: 252, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank