Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaCeritaMenopang Keluarga dengan Kedelai
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Balikpapan, 21 Januari 2013
Menopang Keluarga dengan Kedelai

Oleh: 
Irmawati 
Koorkot Kota Balikpapan 
OSP 6 Provinsi Kalimantan Timur  
PNPM Mandiri Perkotaan

Pada tahun 1996, Rodliyah berjualan “Kacang Garing “ yang berbahan dasar kacang tanah. Usaha yang ditekuni dengan suami, dibantu anak-anaknya ini mengalami pasang-surut. Disusul dengan sakitnya suami Rodliyah, sehingga usahanya bangkrut.

Pada tahun 2009 PNPM Mandiri Perkotaan mulai bergema di Kelurahan Gunung Sari Ulu dan mulai disosialisasikan di setiap RT. Rodliyah turut hadir dalam sosialisasi PNPM Mandiri Perkotaan tersebut. Iapun akhirnya tahu, terdapat dana bergulir yang bisa dipinjam untuk modal usaha. Maka ia bergabung dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Matahari, yang difasilitasi oleh Unit Pengelola Keuangan (UPK) Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Sejahtera, Kelurahan Gunung Sari Ulu.

“Awalnya, saya meminjam dana bergulir Rp500.000 dari dana BLM tahap 1 PNPM Mandiri Perkotaan, tahun 2010,” cerita Rodliyah. Dengan modal sebesar itu, ia memulai kembali usaha yang pernah ditekuninya, tapi sedikit berubah. Dari bahan dasar kacang tanah, menjadi kedelai. Uang tersebut digunakannya untuk membeli kompor dan bahan-bahan memroduksi kacang kedelai gurih.

Dari waktu ke waktu, usaha Rodliyah semakin laris. Lalu, ia mulai menambah jenis usaha produksinya dengan membuat kacang kedelai atom dan kacang atom. Saat itu Rodliyah hanya mampu memroduksi sebanyak 5 kg per hari.

Hasil produksi Kacang Atom Kedelai, Kacang Kedelai Gurih, Kacang Atom, kemasan kecil dan kemasan besar

Tanpa terasa, usaha produksi penganan kedelai Rodliyah semakin berkembang. Ditambah UPK LKM Sejahtera kembali memfasilitasinya sebesar Rp1,5 juta. Dengan tambahan modal yang semakin besar itu, ia kini bisa memroduksi 40 kg per hari. Harga penganan kedelai itu dijual Rp1.000 per bungkus (ukuran kecil), dan Rp18.000 per bungkus (ukuran besar).

Pemasaran kacang atom kedelai, kacang kedelai gurih dan kacang atom buatan Rodliyah ternyata bukan cuma di Kota Balikpapan saja. Tapi juga sudah menjangkau Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Dalam kurun 2,5 tahun, dengan laba bersih Rp4 juta per bulan, ia sudah bisa menghidupi keluarga dan dapat membeli kebun sebesar 1 hektar, yang sekarang sudah ditanami pohon pisang. Ke depannya, ia berencana menambah produksi kripik pisang.

Walau dengan peralatan yang sederhana, mulai dari penggorengan sampai penimbangan dan pengemasan produksi, Rodliyah tetap optimis bahwa suatu saat nanti usaha ini bisa membawa ia dan suaminya naik haji. Ia juga berharap, ke depannya bisa memiliki alat penggorengan dan alat cetak kemasan yang lebih bagus, sehingga produknya bisa meningkatkan keuntungannya. Semoga kesuksesan ini diikuti oleh kesuksesan KSM Matahari yang lain. [Kaltim]

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silakan hubungi:

KSM Matahari

Jl. DI. Panjaitan RT 32 No.60
Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kec. Balikpapan Tengah
Kota Balikpapan
Kalimantan Timur

Contact Person:
Rodliyah (Ketua KSM), HP. 081545305090

Proses penggorengan kacang kedelai Kacang kedelai yang siap dikemas
Proses pengemasan kacang kedelai

Editor: Tomy Risqi/Nina Firstavina

(dibaca 785)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Cerita | Arsip Cerita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 6045, akses halaman: 9684,
pengunjung online: 177, waktu akses: 0,047 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank