Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaCeritaSiapa Tabur Kebaikan akan Tuai Kebaikan
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Bitung, 31 Mei 2013
Siapa Tabur Kebaikan akan Tuai Kebaikan


Oleh:
MSC Romel S Sangian
Askot CD Kota Bitung
OSP 8 Provinsi Sulawesi Utara   
PNPM Mandiri Perkotaan

Siapa menabur kebaikan pasti akan menuai kebaikan. Peribahasa tersebut seakan terbukti jelas pada pelaksanaan audit independen oleh Kantor Akuntan Publik “M Danial” Jakarta terhadap pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kota Bitung. Pasalnya, pelaksanaan audit independen tersebut berjalan sesuai rencana awal, baik dari segi waktu maupun temuan.

Agenda pelaksanaan audit untuk 69 kelurahan se-Kota Bitung diperkirakan dapat selesai selama 7 hari pemeriksaan. Ini terealisasi. Sedangkan temuan dalam pelaksanaan kegiatan tahun buku 2012 di seluruh 69 kelurahan, menurut Auditor, tak ditemukan hal-hal yang subtantif maupun penyelewengan keuangan atau salah pencatatan.

Lancarnya proses audit ini tak lepas dari komitmen Koordinator Kota (Koorkot) PNPM Mandiri Perkotaan Kota Bitung terhadap pelaksanaan Audit Independen tahun 2013 untuk kegiatan dan pengelolaan keuangan tahun buku 2012. Tim Koorkot Bitung terus mematangkan persiapan menghadapi audit. Targetnya adalah meminimalisir temuan, pelaksanaan audit tepat waktu, serta mempertahankan opini 69 kelurahan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), seperti tahun lalu. Itu semua menjadi “harga mati” bagi Tim Korkot Bitung, di bawah pimpinan Koorkot Teddy Sulangi.

Pemeriksaan administrasi pembukuan UPK/SEK

Pelaksanaan “on the spot” infra:
Jembatan dan jalan rabat

Berbagai langkah dilakukan sepanjang Februari 2013, seperti uji petik lapangan, monitoring-evaluasi, pemeriksaaan silang antarTim Fasilitator yang bertemakan “Pra Audit 2013”. Pada kegiatan ini tidak ada alasan bagi Tim Fasilitator untuk tidak hadir. Kemudian, sangat diharapkan kerja sama dari pelaku di masyarakat, dalam hal ini BKM/LKM, UP-UP dan KSM maupun pemerintah kelurahan.

Kerja sama yang dimaksud adalah semua BKM/LKM, UP-UP dan KSM maupun pemerintah kelurahan diwajibkan memberikan data dan keterangan yang dibutuhkan selama Pra Audit dilakukan. Tanpa melakukan penundaan atau menyusahkan pemeriksaan tersebut, karena kegiatan ini merupakan persyaratan untuk pemanfaatan BLM Tahun 2013, yang dilaksanakan di awal April.

Mulainya pelaksanaan Audit Independent tahun 2013 di Kota Bitung ditandai dengan hadirnya dua personel Kantor Akuntan Publik “M. Danial” Jakarta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitator Kota Bitung 18 Maret 2013. Kedua personel (auditor) ini adalah Ahmad Yani dan Samsudin. Rakor tersebut ditindaklanjuti dengan penyusunan RKTL Audit Independen tahun 2013.

Dalam pertemuan perdana dengan Tim Fasilitator yang digagas oleh Pak Ted—sapaan akrab Korkot Bitung—itu, Ahmad Yani dan Samsudin menegaskan agar selama pelaksanaan audit dapat menghadirkan semua pelaku yang ada di masyarakat. Ini agar apapun yang menjadi temuan dapat dibahas dan dikupas tuntas secara bersama-sama. Begitu pula saat dilakukan audit pembukuan keuangan UPK maupun audit pembukuan sekertariat dan saat melakukan pemeriksaan on the spot.

Perjalanan ke Pulau Lembeh Pelaksanaan “on the spot” sosial: pemasangan tenda

Dalam pelaksanaan pemeriksaan pengelolaan Dana APBD dan APBN (BLM I dan BLM II tahun 2012) serta dana bergulir hasil perguliran, juga administrasi keuangan UPK dan Sekertariat, para Auditor juga sempat mengorek proses penyepakatan kegiatan-kegiatan yang ada dalam masyarakat. Semuanya terjawab tuntas oleh masyarakat serta pelaku yang hadir. Ini karena proses pemeriksaan yang dilakukan auditor langsung dengan masyarakat, bukan dengan Tim Fasilitator. Audit PNPM di Kota Bitung dilaksanakan langsung di Kantor Posko Tim (sebanyak 7 tim), yang merupakan lokasi dampingan. Sehingga, setiap harinya harus berpindah lokasi, bahkan sampai menyebrang ke pulau terluar Kota Bitung/Pulau Lembeh.

Begitulah, siapa menabur kebaikan (Pra Audit 2013 sebulan sebelumnya) pasti akan menuai kebaikan (Audit Independent 2013 selama seminggu). Semua sesuai target waktu pelaksanaan. “Kita Peduli Kita Bisa Atasi”. [Sulut]

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan wilayah ini silakan hubungi:

Koordinator Kota Bitung
Kelurahan Girian Permai Blok C-21, Kecamatan Girian,
Bitung – Sulawesi Utara
Telp.0431-35947

Editor: Nina Firstavina

(dibaca 612)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Cerita | Arsip Cerita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 412, akses halaman: 991,
pengunjung online: 154, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank