Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaBeritaProgram P4IP Amanah Bagi Kementerian PU
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Sanur, 30 Agustus 2013
Program P4IP Amanah Bagi Kementerian PU

Oleh:
NKR. Sri Nulus
TA Sosialisasi
OSP 7 Provinsi Bali
dan
Iroh Rohayati Fatah
TA Mass Communication 
KMP Wil. 2

PNPM Mandiri Perkotaan

Sebanyak 9.870 desa di wilayah Program Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PPIP) dan 1.800 Kelurahan di PNPM Mandiri Perkotaan akan mendapat Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman atau disingkat P4IP. Anggaran yang disediakan untuk P4IP ini mencapai Rp3,25 triliun.

Demikian disampaikan Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Dadan Krisnandar pada acara Sosialisasi Nasional P4IP untuk Wilayah Barat yang diselenggarakan di Inna Beach Hotel, Bali, pada 28 Agustus 2013. Sosialisasi P4IP ini merupakan kegiatan yang kedua. Sebelumnya, kegiatan serupa dilaksanakan pada 22-23 Agustus lalu di Jakarta, dengan para peserta yang berasal dari Wilayah Timur. Acara Sosialisasi Nasional P4IP untuk Wilayah Barat kali ini dihadiri 900 orang peserta. Para peserta terdiri atas Satuan Kerja (Satker) Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) tingkat provinsi, kabupaten/kota, PPK P2KP dan PPIP, serta konsultan PNPM Mandiri Perkotaan di tingkat nasional maupun provinsi.

Para Panelis. Dari kiri: Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Dadan Krisnandar, Direktur Bina Program Antonius Budiono dan Direktur PBL Guratno Hartono

Dalam pidatonya Dadan menjelaskan, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) diberi amanah untuk menjalankan program ini sebagai kompensasi penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Dengan pelaksanaan P4IP, diharapkan mampu mengurangi persoalan atau beban hidup masyarakat miskin di seluruh desa yang mendapatkan program ini. Pelaksanaan P4IP nantinya akan menggunakan pendekatan pemberdayaan. Dalam prosesnya, masyarakat bisa mengawasi langsung seluruh tahapan pelaksanaannya. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pasca pelaksanaan pembangunan.

Menurut Dadan, ada enam prinsip dalam pelaksanaan P4IP. Pertama, acceptable yang berarti kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan hasil perencanaan masyarakat. Kedua, transparan yang artinya semua informasi berkaitan dengan P4IP diketahui oleh masyarakat. Ketiga, akuntabel, di mana masyarakat sudah dibimbing dan dapat mempertangungjawabkan seluruh kegiatan di wilahanya. Keempat, berkelanjutan yang mana program P4IP ini diharapkan dapat berlanjut di masa mendatang. Kelima, kerangka jangka menengah, diharapkan dari program ini pemerintah dapat mendorong integrasi sehingga terjadi kolaborasi program di masyarakat. Keenam, sederhana dan mudah dikerjakan masyarakat.

“Untuk itulah, mari kita merapatkan barisan guna menyukseskan P4IP agar masyarakat miskin yang terkena dampak pengurangan subsidi BBM dapat bisa dibantu melalui program ini,” tegas Dadan saat menutup sambutannya.

P4IP Pendukung PNPM Mandiri Perkotaan

Pada kesempatan yang sama, Direktur PBL Guratno Hartono menyatakan, P4IP mendukung PNPM Mandiri Perkotaan. Artinya, pelaksanaan P4IP di lokasi dampingan PNPM Mandiri Perkotaan bertujuan untuk memberikan kemudahan akses masyarakat miskin terhadap infrastruktur dasar permukiman di perkotaan dan mendorong roda perekonomian masyarakat. “Dengan begitu, P4IP diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat miskin di perkotaan akibat pengurangan subsidi BBM,” imbuh Guratno.

Para Peserta Sosialisasi Nasional P4IP 2013 untuk
Wilayah Barat dihadiri 900 orang

Direktur PBL Guratno Hartono (kedua dari kanan) dan
Kepala Satker PNPM Mandiri Perkotaan Pusat Boby Ali
Azhari (kanan) di sela acara Sosialisasi Nasional
P4IP 2013 untuk Wil. Barat

Menurut dia, lokasi sasaran program P4IP di PNPM Mandiri Perkotaan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 314/KPTS/M/2013 Tanggal 29 Juli 2013 dengan jumlah lokasi 1.800 kelurahan/desa yang tersebar di 218 kota/kabupaten dan 33 provinsi.

Lokasi sasaran tersebut dibagi dalam dua kategori. Kategori 1 adalah kelurahan/desa yang telah memiliki Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) atau Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) PNPM Mandiri Perkotaan dengan jumlah 1.753 kelurahan/desa. Adapun kategori 2 adalah kelurahan/desa yang belum atau sudah memiliki kelembagaan masyarakat lain selain BKM/LKM PNPM Mandiri Perkotaan dengan jumlah 47 kelurahan/desa.

Sebagai bentuk dukungan pelaksana PNPM Mandiri Perkotaan terhadap P4IP, Guratno akan memastikan sejumlah hal, yaitu: (1) Adanya kelembagaan masyarakat melalui penguatan BKM/LKM PNPM Mandiri Perkotaan setempat atau penyiapan kelembagaan masyarakat di lokasi yang tidak terdapat BKM/LKM PNPM Mandiri Perkotaan, (2) Fasilitasi pemberdayaan masyarakat untuk setiap tahapan kegiatan P4IP di lokasi PNPM Mandiri Perkotaan di tingkat masyarakat kelurahan/desa yang dilakukan oleh tim fasilitator setempat serta didukung fasilitator khusus program P4IP, (3) Dukungan bantuan teknis oleh Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) atau Oversight Service Provider (OSP) dan KMP PNPM Mandiri Perkotaan guna menjamin efektivitas pelaksanaan P4IP di wilayah PNPM Mandiri Perkotaan, (4) Menyiapkan Petunjuk Pelaksanaan, KAK, Modul dan Materi Sosialisasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan, serta (5) Dukungan teknis untuk Monev dan operasional lainnya sesuai kebutuhan. [Bali]

Editor: Wildan Hakim/Nina Firstavina

(dibaca 1832)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Berita | Arsip Berita | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 10506, akses halaman: 14457,
pengunjung online: 348, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank